Resume kelompok 2
Perilaku konsumen
Perilaku
konsumen adalah suatu proses atau tingkah laku dari konsumen ketika sedang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan serta
pengevaluasian suatu produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginannya. Sedangkan konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau
jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
jenis wujud konsumen, yaitu :
1. Personal consumer ialah konsumen yang membeli dan menggunakan barang atau jasa haynya untuk kepentingannya sendiri.
2. Organizational consumer ialah konsumen yang membeli dan menggunakan barang atau jasa untuk kepentingan organisasi tersebut.
faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu :
1. Faktor Sosial :
a. Group
Group merupakan sikap atau perilaku seseorang yang dipengaruhi oleh kelompok (group) tersebut.
b. Family influence
Pengaruh keluarga memiliki pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian kebutuhan dan keinginan mereka.
c. Roles and status
Seseorang yang memiliki beberapa kelompok seperti keluarga, organisasi dan sebagainya yang disetiap peran membawa sebuah status yang mereflesikan penghargaan umum dari masyarakat.
2. Faktor Personal
a. Economic situation (situasi ekonomi)
Suatu keadaan ekonomi seseorang yang akan mempengaruhi dalam pemilihan produk.
b. Lifestyle (gaya hidup)
Pola hidup seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, ketertarikan dan opini orang tersebut.
c. Personality and self concept (kepribadiaan dan konsep diri)
Personality ialah karakteristik unik dari psikologi yang dapat memimpin dalam kestabilan dan respon secara terus menerus terhadap lingkungannya.
d. Age and life cycle stage (umur dan siklus hidup)
Orang-orang yang merubah barang atau jasa yang dibeli seiring dengan siklus kehidupannya, mungkin perbedaan umur orang-orang tersebut.
e. Occupation (pekerjaan)
Pekerjaan seseorang mempengaruhi dalam pembeliaan barang atau jasa.
3. Faktor Psikologi
a. Motivasi
Kebutuhan mendesak akan mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhannya itu.
b. Persepsi
Persepsi ialah suatu proses dalam memilih, mengorganisasi dan menerjemahkan informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia.
c. Pembelajaran
Pembelajaran ialah suatu proses yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil informasi terbaru yang diterimanya atau dari pengalaman sesungguhnya.
d. Beliefs and attitude
Beliefs ialah pemikirab deskriptif seseorang yang mempercayai sesuatu.
4. Faktor Kebudayaan
a. Subkultural
Sekelompok orang yang berbagi sistem nilai berdasarkan pengalaman hidup mereka.
b. Kelas sosial
Pengelompokkan individu berdasarkan kesamaan nilai, minat dan perilaku.
jenis wujud konsumen, yaitu :
1. Personal consumer ialah konsumen yang membeli dan menggunakan barang atau jasa haynya untuk kepentingannya sendiri.
2. Organizational consumer ialah konsumen yang membeli dan menggunakan barang atau jasa untuk kepentingan organisasi tersebut.
faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu :
1. Faktor Sosial :
a. Group
Group merupakan sikap atau perilaku seseorang yang dipengaruhi oleh kelompok (group) tersebut.
b. Family influence
Pengaruh keluarga memiliki pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian kebutuhan dan keinginan mereka.
c. Roles and status
Seseorang yang memiliki beberapa kelompok seperti keluarga, organisasi dan sebagainya yang disetiap peran membawa sebuah status yang mereflesikan penghargaan umum dari masyarakat.
2. Faktor Personal
a. Economic situation (situasi ekonomi)
Suatu keadaan ekonomi seseorang yang akan mempengaruhi dalam pemilihan produk.
b. Lifestyle (gaya hidup)
Pola hidup seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, ketertarikan dan opini orang tersebut.
c. Personality and self concept (kepribadiaan dan konsep diri)
Personality ialah karakteristik unik dari psikologi yang dapat memimpin dalam kestabilan dan respon secara terus menerus terhadap lingkungannya.
d. Age and life cycle stage (umur dan siklus hidup)
Orang-orang yang merubah barang atau jasa yang dibeli seiring dengan siklus kehidupannya, mungkin perbedaan umur orang-orang tersebut.
e. Occupation (pekerjaan)
Pekerjaan seseorang mempengaruhi dalam pembeliaan barang atau jasa.
3. Faktor Psikologi
a. Motivasi
Kebutuhan mendesak akan mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhannya itu.
b. Persepsi
Persepsi ialah suatu proses dalam memilih, mengorganisasi dan menerjemahkan informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia.
c. Pembelajaran
Pembelajaran ialah suatu proses yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil informasi terbaru yang diterimanya atau dari pengalaman sesungguhnya.
d. Beliefs and attitude
Beliefs ialah pemikirab deskriptif seseorang yang mempercayai sesuatu.
4. Faktor Kebudayaan
a. Subkultural
Sekelompok orang yang berbagi sistem nilai berdasarkan pengalaman hidup mereka.
b. Kelas sosial
Pengelompokkan individu berdasarkan kesamaan nilai, minat dan perilaku.
Pendekatan perilaku
konsumen terbagi dua, yaitu:
1. Teori Kardinal ( Cardinal Theory)
kegunaan dapat dihitung secara nominal,sebagaimana kita menghitung berat dengan gram atau kilogram,panjang dengan centimeter atau meter.
1. Teori Kardinal ( Cardinal Theory)
kegunaan dapat dihitung secara nominal,sebagaimana kita menghitung berat dengan gram atau kilogram,panjang dengan centimeter atau meter.
2. Teori Ordinal (
Ordinal Theory )
a. Kurva Indiferensi ( Indiference Curve ), kegunaan tidak dapat dihitung tetapi hanya dapat dibandingkan, sebagaimana kita menilai kepandaian atau kecantikan seseorang. Untuk menjelaskan pendapat ini, Teori Ordinal menggunakan kurva indiferensi (indiferensi curve).
a. Kurva Indiferensi ( Indiference Curve ), kegunaan tidak dapat dihitung tetapi hanya dapat dibandingkan, sebagaimana kita menilai kepandaian atau kecantikan seseorang. Untuk menjelaskan pendapat ini, Teori Ordinal menggunakan kurva indiferensi (indiferensi curve).
Tidak ada komentar :
Posting Komentar